BUATLAH KARTU TANDA PENCARI KERJA/ AK 1/ KARTU KUNING AGAR TERDAFTAR DI DINAS TENAGA KERJA
berita

Percepatan pengentasan pengangguran dan kemiskinan di Kota Yogyakarta telah mengalami pergeseran tidak lagi mengandalkan peran dan kemampuan Pemerintah saja, namun upaya melembagakan jaringan kerjasama dengan stokholder yang lain (masyarakat, sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat / BKM) merupakan hal yang sangat penting. Persoalan kemiskinan dan pengangguran merupakan hal yang sangat kompleks dan dirasakan semakin sulit apabila hanya dibebankan pada peran dan kemampuan Pemerintah. Sesuai dengan Visi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta yakni : ” Terwujudnya Koperasi dan usaha  kecil yang berkualitas, berdaya  saing menuju kemandirian masyarakat serta penanganan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang berkelanjutan ” yang dijabarkan dalam Misi Dinas, dimana salah satu misi menyebutkan mendorong perluasan kesempatan kerja serta meningkatkan penempatan tenaga kerja. Upaya yang telah dilakukan antara lain melalui penempatan tenaga kerja melalui mekanisme antar kerja baik melalui Antar Kerja Lokal (AKL) Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) maupun Antar Kerja Antar Negara (AKAN) tetapi upaya tersebut belum mampu mengentaskan angka pengangguran di Kota Yogyakarta.  Untuk itu perlu ada Program Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui kegiatan Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Padat Karya Infrastruktur dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 52 orang per hari selama 18 hari kerja. Di mulai tanggal 2 Nopember sampai dengan 21 Nopember 2020. Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan berada di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Dengan jenis pekerjaan pembangunan Talud pemukiman sepanjang 8 m dan tinggi 5 m.

Program tersebut diatas merupakan pemberdayaan masyarakat  (tenaga kerja) serta meningkatkan keterpaduan dan kerjasama antar instansi terkait serta meningkatkan kemitraan antara instansi pemerintah dengan  masyarakat. Hal ini mempunyai arti penting dan strategis dalam upaya mengatasi masalah pengangguran dalam pengembangan kesempatan kerja dan penciptaan lapangan kerja.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja  melalui kegiatan Padat Karya Infrastruktur untuk menciptakan lapangan kerja sehingga mampu menumbuh kembangkan perekonomian di unit ekonomi produktif yang pada akhirnya mampu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Yogyakarta.

Padat Karya
    Page: /

Polling

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.29%
Cukup Bermanfaat9.98%
Bermanfaat6.89%
Kurang Bermanfaat6.53%

Statistik Pengunjung

Hari Ini 831
Kemarin 1,014
Bulan Ini 17,571
Tahun Ini 100,849
Total Pengunjung 424,656

Lokasi Kantor

Pencarian

Registrasi Pemilik Perusahaan

Login

Link Terkait

Jogjakota PELAYANAN KARTU PENCARI KERJA JOGJA SMART SERVICE Twitter Informasi penempatan tenaga kerja Instagram penempatan tenaga kerja Youtube Informasi penempatan tenaga kerja